Sabtu, 21 September 2013

Pengertian Blog

Pengertian Blog - selamat malam sahabat lumbung . Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang pengertian blog . sebelum mengenal blog . Sebetulnya blog itu adalah salah salah satu dari beberapa jenis aplikasi web . apa sih aplikasi web itu ? aplikasi web adalah aplikasi yang diakses menggunakan webbrowser (penjelajah web) dalam suatu jaringan seperti internet atau intranet .

Pengertian blog itu sendiri adalah bentuk dari aplikasi web yang berupa tulisan - tulisan yang dimuat dalam sebuah posting pada sebuah web umum . Tulisan - tulisan tersebut berisi tentang artikel , media publikasi (promosi sebuah produk atau yang biasa disebut dengan iklan) , program media ataupun perusahaan , sampai cerita pribadi si pembuat blog ini .

Pengertian Blog

Sejarah Blog

Awalnya blog ini dipopulerkan oleh sebuah media blog yaitu blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs , sampai pada akhirnya diakuisisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 . Semenjak itulah banyak aplikasi - aplikasi opensource yang terkait dengan blog yang diperuntukkan oleh para penulis blog itu sendiri .
Dalam perkembanganya, blog ini memiliki berbagai fitur - fitur yang dapat mempercantik tampilan ataupun berbagai fungsi lain yang ada dalam tubuh blog itu sendiri . Mulai dari sekedar post comen , label , buku pengunjung , tempat tukar link antar penulis blog , sampai sekedar widget - widget sederhana untuk mempercantik blog mereka seperti kalender dan widget untuk jam .

Jenis-jenis Blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
Pelaku Blog

Pelaku blog itu sendiri adalah user dari blog yang bertugas menulis konten (artikel , tips dan triks, dll) di dalam blog itu sendiri , tak hanya itu sekarang banyak blogger (pelaku blog) itu adalah user yang mendesign sebuah blog agar tampilan sesuai dengan yang diharpkan oleh clien-nya . pelaku blog yang seperti ini biasa disebut designer blog yang mahir dalam bidang pemrograman web seperti HTML dan java .

Komunitas Blogger

Dewasa ini banyak bermunculan komunitas-komunitas blogger dimana komunitas ini sebagai wadah berkumpulnya para blogger yang mempunyai area tempat tinggal yang sama ataupun tujuan yang sama atas blog mereka . Komunitas ini biasanya berisikan beberapa anggota blogger dan mempunyai struktur komunitas yang mereka tentukan . di sini mereka dapat sharing ilmu tentang blog , sharing hal-hal yang biasanya berkaitan dengan teknologi ataupun hanya sekedar berkumpul dan bercengkerama sesama blogger dalam sebuah komunitas tersebut .

Sekian artikel yang saya buat ini semoga bermanfaat bagi kita semua .
Salam sahabat lumbung 



Pengertian Blog 100%out of 100% based on 5 ratings. 5 user reviews.

Bagikan :

Kirim Update Artikel Terbaru Untuk
Sobat Lumbung Komputer Langsung ke Email Sobat !

Artikel Terkait

Para pengurus Blog Lumbung Komputer Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.