Selasa, 24 September 2013

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi - Sistem Operasi adalah sekumpulan program yang mengelola sumberdaya komputer (hardware) dan dapat menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak . Sistem operasi ini adalah inti dari berbagai software yang tertanam pada sebuah komputer , kenapa sistem operasi ini disebut sebagai inti dari software sebuah komputer ? karena selain bertugas mengoordinasi dari semua sumber daya yang ada pada sebuah komputer , SO juga bertugas untuk mengontrol dan managemen operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti aplikasi pengolah kata dan web browser .

Pengertian Sistem Operasi

 Dari pengertian di atas , maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa sistem operasi adalah penghubung antara sumber daya komputer (hardware) dengan software pada komputer .

Analogi Sistem Operasi

Setelah kita mengerti sedikit ulasan dari pengertian di atas tadi kita juga dapat menganalogikan SO tersebut kedalam kehidupan kita , kita analogikan SO itu adalah sebagai akal dari manusia . Ketika sesorang mendapatkan sebuah informasi , maka pasti dia akan memberikan informasi tersebut kepada orang lain . saat informasi tersebut disampaikan kepada orang lain , maka kita harus memiliki yang namanya otak (hardware berupa prosessor) . nah mengapa saya tadi menyebutkan bahwa SO adalah akal manusia ? karena menurut saya kita membutuhkan akal dalam berfikir dengan otak untuk menyampaikan informasi . nah disinilah fungsi akal manusia untuk mengoordinasi kerja otak (prosessor) untuk dapat menyampaikan informasi (output) melalui perkataan maupun tulisan sebagai media perantara output tersebut .

Jenis-Jenis SO 

 Berdasarkan jumlah usernya, SO dibagi menjadi beberapa jenis :
  • Single User - Single Tasking
    Satu komputer hanya dapat digunakan oleh satu user dan hanya bisa menjalankan satu program dalam satu waktu . contohnya : MS -DOS
  • Multi User - Single Tasking
    Satu komputer dapat digunakan oleh banyak user tapi satu user hanya dapat menjalankan satu program dalam satu waktu , contohnya : Novell Netware (OS berbasis jaringan)
  • Single User - Multitasking
    Satu komputer dapat digunakan oleh satu user saja namun dapat menjalankan beberapa program dalam satu waktu . contohnya : Windows, Mac Os , dll
  • Multi User - Multitasking
    Banyak user dan dapat menggunakan beberapa program dalam satu waktu . contohnya linux dan unix

Komponen Sistem Operasi

Komponen dalam sebuah sistem operasi tersebut terbagi menjadi beberapa komponen . seperti :
  1. Kernel
    adalah kumpulan program yang membentuk sistem dan memiliki tugas melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses Hardware atau perangkat keras komputer secara aman dan terkendali.
  2. File
    File-file yang dibentuk atau dijalankan oleh system operasi biasanya file-file ini terletak pada c/program files .
  3. User Interface
    Interface yang menjadi sarana interaksi antara user & komputer . interface ini dibagi menjadi dua :
    • CLI (Command Line Interface)
    • GUI (Graphical User Interface)
     
Sekian dulu posting dari lumbung komputer semoga bermanfaat bagi kita semua . 


 


 

Pengertian Sistem Operasi 100%out of 100% based on 5 ratings. 5 user reviews.

Bagikan :

Kirim Update Artikel Terbaru Untuk
Sobat Lumbung Komputer Langsung ke Email Sobat !

Artikel Terkait

1 comment

4 Oktober 2017 pukul 23.05

Analogi nya mantap jiwa gan, thx

Para pengurus Blog Lumbung Komputer Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.