Kamis, 19 Desember 2013

Hard disk

Hard disk - Hard disk adalah suatu perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan (Storage) . Hardisk ini merupakan salah satu media penyimpanan external sebuah komputer .

Mungkin dari anda sudah banyak yang tau mengenai apa itu hardisk dan fungsinya . Namun bagi kaum awam yang belum mengenal komputer dan komponen - komponen dalam komputer pastinya anda patut untuk mengetahui fungsi dan pengertian setiap komponen di dalamnya .

Seperti halnya perangkat keras lain pada komputer , Hard disk juga memiliki bagian - bagian atau komponen di dalamnya . Adapun komponen pada hard disk tersebut adalah sebagai berikut :

Komponen Hard disk

  • Platter . Platter atau dalam bahasa indonesia adalah piringan logam ini merupakan komponen dari sebuah hard disk sebagai komponen penyimpan data . Piringan ini terbuat dari bahan logam yang dilapisi magnetik tipis .
  • Head . Head pada hard disk ini berfungsi untuk membaca dan menulis hardisk . Maksut membaca dan menulis disini adalah membaca data dan menulis data (rename , delete,dsb) .
  • PCB (Printed Circuit Board) . Komponen ini adalah rangkaian elektronik sejenis motherboard kecil pada komputer. Cuman bedanya papan induk pada hard disk ini terdapat pada hard disk bukan pada komputer yang notabene berfungsi untuk media input dan output berbagai macam hardware di dalamnya.
hardisk
Hardisk ATA & SATA



Macam - macam hard disk
  • Hard disk ATA . Hard disk yang satu ini sering dikenal dengan IDE Drive dengan 16 bit paralel . Dari tahun ketahun salah satu dari beberapa macam hardisk ini mengalami perkembangan dari segi kapasitas dan fiturnya . Hardisk ini ditenadai dengan kabel konektor tipis dengan lebar kira - kira 4 jari tangan orang dewasa .
  • Hard disk SATA . hardisk ini adalah pengembangan dari ATA dengan menggunakan sistem serial . Hard disk ini juga mempunyai kinerja dan peforma yang lebih tinggi di banding dengan ATA . Dari segi harga hard disk ini juga lebih murah dibanding dengan ata . Conectornya lebih kecil dan lebih simpel .
Hard disk 100%out of 100% based on 5 ratings. 5 user reviews.

Bagikan :

Kirim Update Artikel Terbaru Untuk
Sobat Lumbung Komputer Langsung ke Email Sobat !

Artikel Terkait

Para pengurus Blog Lumbung Komputer Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.