Sabtu, 21 Desember 2013

Komputer Generasi Pertama

Lumbung Komputer – Kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai komputer generasi pertama . Sebagai tingkat lanjut mengenai sejarah komputer berdasarkan periodenya pada artikel saya tentang sejarah perkembangan komputer , kali ini saya akan membahas ulasan komputer pada generasi pertama .

Dimulai dari perang dunia ke-2 di mana negara – negara yang ikut peperangan di dalamnya saling saing untuk menciptakan penemuan di bidang komputer ini . Pada saat itu komputer dalam dunia militer digunakan untuk memecahkan kode rahasia dari negara yang ikut perang tersebut .  Tak ayal ,  Insinyur jerman yang bernama Konrad Zuse mampu membangun sebuah komputer Z3 yang mempunyai kemampuan untuk mendisain pesawat terbang serta peluru kendali .

Tak Cuma itu penemuan pada generasi komputer pertama ini . Inggris , negara ini juga tak mau kalah saing dengan Jerman . Inggris mampu menciptakan komputer yang bertujuan dan di gunakan untuk memecah kode rahasia Jerman .
Komputer Generasi Pertama
Komputer Generasi Pertama

Di lain sisi Amerika bersama insinyurnya Howard H.Aiken menciptakan kalkulator elektronik berukuran setengah lapangan sepak bola . Tak cuma berhenti sampai disitu perkembangan komputer pada generasi pertama ini. Pada masa itu juga diciptakannya komputer yang diberi nama ENIAC .

Seperti apa  ENIAC itu ? Komputer ini dirancang oleh john presper John W. Mauchly dan dibuat oleh Amerika Serikat yang bekerja sama dengan University of Pennsylvania . Kemudian University of Pennsylvania ini bergabung dengan seorang pengembang ENIAC bernama John Von Neumann , Neumann juga penggagas konsep yang dapat mempermudah pemrosesan program agar dapat di representasikan ke dalam penyimpanan memori yang dapat menyimpan semua data (baik program maupun sebuah data itu sendiri ) . Arsitektur dari Neumann ini memiliki kunci pada pemroses tunggal yang memungkinkan komputer tersebut dapat dikoordinasi oleh satu sumber . Nah konsep inilah yang diterapkan pada EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) (1945) . Representasi lain dari arsitektur Neumann ini adalah UNIAC I yakni komputer komersil pertama .
Karakteristik Komputer Pada Generasi Pertama :
•    Setiap komputer memiliki bahasa mesin (kode biner) yang berbeda .
•    Menggunakan tabung vakum

Mungkin itulah sedikit ulasan saya mengenai sejarah komputer generasi pertama .

Komputer Generasi Pertama 100%out of 100% based on 5 ratings. 5 user reviews.

Bagikan :

Kirim Update Artikel Terbaru Untuk
Sobat Lumbung Komputer Langsung ke Email Sobat !

Artikel Terkait

Para pengurus Blog Lumbung Komputer Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.