Rabu, 25 Desember 2013

Macam Macam Sistem Operasi

Macam – macam Sistem Operasi – Dari setiap gadget , personal computer , hingga laptop pasti memiliki sistem operasi . Dan disetiap produk gadget keluaran dari berbagai pabrik memiliki system operasi yang berbeda pula . Nah sebetulnya apa sih sistem operasi tersebut ? jika anda belum mengerti apa itu sistem operasi anda dapat membaca dan memahami pengertian sistem operasi di artikel saya sebelumnya .

Nah , seperti yang saya paparkan tadi telah banyak sistem operasi pada gadget – gadget yang ada . Banyak pula macam – macam dari sistem operasi tersebut . Namun untuk sistem operasi pada personal computer (pc) dan laptop yang lebih mendominasi adalah Windows , mungkin karena windows sangat user friendly dalam pengoperasiannya . 

Karena gadget umumnya terbagi menjadi dua yaitu PC (komputer dan Laptop) serta mobile (Handphone , Smartphone, dan tablet) maka saya akan membaginya menjadi dua kategori umum dari macam - macam sistem operasi ini .

macam macam sistem operasi
macam macam sistem operasi

Macam - Macam Sistem Operasi PC

  • Keluarga Windows
    Banyak dari pengguna komputer di seluruh dunia yang menggunakan sistem operasi windows ini . Sistem operasi ini menggunakan GUI (Graphical Unit Interface) sebagai basis dari sistem operasi tersebut . Keluarga windows ini diterbitkan oleh perusahaan besar Microsoft . Keluarga windows ini seperti MS-dos (Menggunakan basis teks atau yang sering disebut CLI) . Windows Milenium , windows 2003 , dan berkembang sampai sekarang yaitu sistem operasi Windows 8 . dan ada pula windos dengan versi server seperti windows 2003 server .
  • Keluarga UNIX
    Sistem operasi ini mempunyai anggota seperti UNIX, dan banyak dari distro LINUX sendiri .
  • Mac Os
    Banyak dari kita menyebutnya sebagai Macinthos . Pada dasarnya antara kedua sistem operasi tersebut adalah saman . hanya dalam penyebutannya saja yang berbeda . Nah , Mac OS ini adalah sistem operasi terbitan apple yang sampai sekarangpun masih digunakan sebagai sistem operasi bawaan dari beberapa komputer keluaran apple tersebut .

Macam - Macam Sistem Operasi Mobile

  • Symbian
    Sistem operasi ini banyak ditemukan pada ponsel nokia seperti yang terkenal dengan symbiannya digunakan pada Handphone nokia 6600 . Sistem operasi ini sekarang sudah jarang digunakan akibat nokia pun sudah fokus dengan SmartPhone yang menggunakan Sistem Operasi Windows Phone .
  • Android
    Sistem Operasi ini lah yang sekarang menjarahi pangsa pasar ponsel dan berbagai gadget di seluruh dunia ini. Sistem operasi milik google ini merupakan sistem operasi dari linux dan yang pastinya open source seperti contohnya anda dapat download aplikasi secara gratis langsung dari google .
  • Palm
    Sistem Operasi ini adalah sistem operasi yang digunakan pada PDA yakni keluaran dari PALM juga. Nah , sistem operasi ini sudah lama tak muncul akibat kurangnya sosialisasi ke konsumen dilain sisi sistem operasi ini kalah bersaing dengan sistem operasi yang sekarang sedang booming yakni sistem operasi Android .
Itulah mungkin macam - macam sistem operasi yang dapat saya ulas . Semoga dapat menambah wawasan anda di bidang IT . 
    Macam Macam Sistem Operasi 100%out of 100% based on 5 ratings. 5 user reviews.

    Bagikan :

    Kirim Update Artikel Terbaru Untuk
    Sobat Lumbung Komputer Langsung ke Email Sobat !

    Artikel Terkait

    Para pengurus Blog Lumbung Komputer Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.